Coban Rondo Malang, Oase Ketenangan di Lereng Gunung Panderman

Coban Rondo, terletak di kaki Gunung Panderman di Malang, Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata alam yang menarik banyak pengunjung dengan keindahan alamnya yang asri.

Air terjun ini, yang dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun dan udara segar pegunungan, menawarkan suasana yang tenang dan menyegarkan bagi siapa saja yang mencari pelarian dari keramaian kota.

Dalam artikel ini, kita akan menyelami daya tarik Coban Rondo, dari jalur pendakian yang menantang hingga area piknik yang ideal untuk keluarga, sembari memberikan tips dan informasi yang berguna untuk merencanakan kunjungan Anda ke air terjun yang mempesona ini.

Kisah Sejarah Coban Rondo di Malang

Legenda Coban Rondo Malang berawal dari kisah pasangan pengantin baru, Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan suaminya, Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara.

Setelah 36 hari pernikahan, mereka memutuskan untuk mengunjungi Gunung Anjasmara meskipun orang tua Dewi Anjarwati menentang rencana tersebut.

Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan seorang pria misterius bernama Joko Lelono yang terpesona oleh kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha untuk merebutnya dari Raden Baron.

Hal ini memicu konflik antara Joko Lelono dan Raden Baron, yang memuncak dalam pertarungan hebat selama tiga hari tiga malam.

Dalam pertarungan tersebut, Raden Baron memutuskan untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati di lokasi dengan air terjun agar dia aman. Sayangnya, pertarungan tersebut berakhir dengan kematian kedua pria itu. Sejak itu, Dewi Anjarwati dikenal sebagai janda, atau "rondo."

Lokasi tempat Dewi Anjarwati bersembunyi itu kemudian dinamai Coban Rondo, yang berarti "air terjun janda." Konon, batu besar yang berada di bawah air terjun adalah tempat Dewi Anjarwati duduk menanti suaminya.

Saat ini, Coban Rondo telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata populer yang dikelola oleh Perhutani.

Alamat dan Cara Mengakses Coban Rondo di Malang

Coban Rondo, sebuah objek wisata menarik, berada di Kabupaten Malang, lebih tepatnya di Jalan Coban Rondo, Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Tempat ini terletak sekitar 12 km dari Kota Batu atau 20 km dari pusat Kota Malang.

Dari Kota Batu, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara untuk sampai ke pintu masuk Wisata Coban Rondo. Banyak pengunjung memilih untuk menyewa mobil untuk kesana karena lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Hal ini dikarenakan penggunaan kendaraan umum seringkali memerlukan pergantian kendaraan beberapa kali dan biaya yang cenderung lebih mahal.

Sebagai titik acuan untuk menuju objek wisata ini adalah pertigaan patung sapi di Pujon. Setelah melalui pertigaan ini, Anda akan sampai di loket masuk.

Sesampainya di loket masuk, Anda perlu berjalan kaki untuk mencapai area air terjun. Dalam perjalanan menuju air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang asri dan juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia di sekitar area tersebut.

Informasi Tarif Masuk dan Waktu Operasional Coban Rondo

Coban Rondo terbuka untuk pengunjung setiap hari, mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB, termasuk pada hari libur ketika tempat ini biasanya lebih ramai.

Berikut adalah daftar harga tiket masuk serta biaya untuk berbagai aktivitas dan wahana di Coban Rondo:

  • Wisatawan Lokal (Akhir Pekan): Rp15.000 per orang
  • Wisatawan Lokal (Hari Kerja): Rp18.000 per orang
  • Wisatawan Domestik (Hari Kerja): Rp30.000 per orang
  • Wisatawan Domestik (Akhir Pekan dan Hari Libur): Rp35.000 per orang
  • Taman Labirin: Rp20.000 per orang
  • Berkuda: Rp12.000 per orang
  • Kereta Mini: Rp5.000 per orang
  • Sepeda Gunung: Rp5.000 per orang
  • Fun Tubing: Rp35.000 per orang
  • Paintball (Untuk 6 Orang): Rp450.000
  • Wisata Safari: Rp5.000 per orang
  • Flying Fox: Rp30.000 per orang

Dianjurkan untuk menghindari berkunjung pada saat hujan karena jalur yang licin dan sering terhalang oleh kabut.

Pesona, Kegiatan Menarik dan Fasilitas di Coban Rondo

Coban Rondo adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kota Batu, menampilkan air terjun yang spektakuler dengan ketinggian 84 meter yang tidak boleh dilewatkan.

Terletak pada ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut, air terjun ini mengalir dari sumber di lereng Gunung Kawi, yang tidak jauh dari lokasi.

Kunjungan ke destinasi Wisata Kota Batu Malang ini menjanjikan pengalaman yang sejuk dan menyegarkan, dengan pemandangan alam yang memukau di sekitarnya.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seperti fotografi alam, selfie, trekking, atau sekadar relaksasi sambil menikmati keindahan alam sekitar air terjun.

Selain kegiatan alam tersebut, Coban Rondo juga menyediakan berbagai aktivitas seru lainnya, termasuk area outbound yang ideal untuk bermain bersama keluarga.

Selain itu, tersedia pula wahana menarik seperti Fun Tubing, yang menawarkan pengalaman mendebarkan dengan mengarungi sungai berarus deras.

Dengan berbagai kegiatan dan wahana yang tersedia, Coban Rondo adalah tujuan yang sempurna untuk berbagai kegiatan rekreasi, baik bersama keluarga, teman, ataupun sahabat.

Area ini juga dilengkapi dengan fasilitas camping untuk pengunjung yang ingin menikmati pengalaman berkemah. Bagi yang mencari kenyamanan lebih, tersedia berbagai pilihan akomodasi seperti vila, hotel, dan resort.